Social Icons

Pages

Senin, 06 Januari 2014

Niatkan Semua Hanya Karena Allah


Kedudukan niat dalam agama islam itu tinggi sekali. Niat menjadi salah satu syarat diterimanya amal seorang muslim. Bukti kalau kedudukan niat itu sangat penting dalam islam adalah Niat dijadikan salahsatu rukun dalam beberapa ibadah. Yang namanya rukun itu harus dilakukan, kalau ditinggalkan maka ibadahnya tidak berarti apa-apa. Ada Niat sholat, niat puasa, niat zakat, niat haji dan beberapa ibadah lain yang tidak dapat terlepas dari adanya "niat". kalau anda lupa niat dalam sholat, maka sholat anda pun menjadi tidak sah karena meninggalkan salah satu rukun sholat.

Penjelasan bahwa niat menjadi salah satu syarat diterimanya amal seorang muslim adalah jikalau kita beramal harus dengan niat bahwa amal kita hanya semata-mata mencari ridhlo Allah SWT semata, Jangan ada motivasi lain. Bukan karena ingin diberi hadiah, maupun karena ingin dilihat oleh orang lain.

Ada sebuah Hadist yang sangat terkenal dan tidak perlu diragukan lagi keshohihannya :

Dari Amirul Mukminin Abu Hafsh, Umar bin Al-Khathab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya.....”.[Riwayat Bukhari dan Muslim ]

Hadist diatas menjelaskan betapa pentingnya mengatur niat dalam melakukan suatu amal. Niat dapat mengubah amalan mubah menjadi berpahala dan mengubah amalan wajib tidak berarti apa-apa. Contohnya adalah : Jikalau kita akan makan, tetapi diniatkan semata-mata hanya karena Allah dan agar dapat kuat untuk beribadah, maka aktivitas makan yg sebenarnya bukan ibadah tapi dapat menghasilkan pahala bagi dia yang melakukannya, adapun sebaliknya jika kita sholat 5 waktu sehari, puasa ramadhan sebulan penuh, dan mengeluarkan zakat tetapi tidak diniatkan karena Allah, tetapi karena takut dimarahi orang tua atau ingin dilihat calon istri, mertua dan sebagainya, Maka amalan sholatnya tidak berarti apa-apa alias tidak diterima oleh Allah.
Oleh karena itu teman-teman sekalian, jangan remehkan suatu niat dan Marilah bersama-sama meluruskan niat dalam segala aktivitas keseharian kita dengan tujuan hanya mengharap Ridhlo Allah semata.
Semoga tulisan saya dapat bermanfaat bagi kita semua....Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar